tabalong

Bapperida Kabupaten Tabalong

Uraian Tugas Pejabat Lingkup Bappedalitbang Kabupaten Tabalong


Berdasarkan Peraturan Bupati Tabalong Nomor 80 Tahun 2017, Tugas pejabat lingkup Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tabalong dapat diuraikan sebagai berikut :

A. KEPALA BADAN

  • Merumuskan dan mengoordinasikan penyusunan dan penetapan visimisi, rencana   strategis dan  rencana kerja pada Bappeda berdasarkan  visi misi kepala daerah  sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
  • Merumuskan  dan  melaksanakan  kebijakan teknis   urusan    pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan Tugas Pembantuan dibidang perencanaan pembangunan daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan sebagai bahan  pedoman pelaksanaan tugas;
  • Merumuskan   penyusunan   petunjuk  pelaksanaan   dan   petunjuk  teknis, system dan prosedur, serta tata kerja penyelenggaraan urusan di bidang perencanaan pembangunan daerah;
  • memimpin,    mengatur,    membina,   mengarahkan    dan    mengendalikan pelaksanaan program dan kegiatan lingkup Bappeda yang meliputi sekretariat, bidangsubbagian, dan subbidang;
  • Melaksanakan pembinaan teknis dan administratif di bidang perencanaan pembangunan daerah   yang menjadi kewenangan Bappeda;
  • Mengoordinasikan penyusunan bahan  Laporan Kinerja, Laporan Keuangan, Laporan Pertanggungjawaban, dan segala bentuk pelaporan lainnya pada lingkup Bappeda;
  • Melaksanakan    pembinaan,    pengembangan,    pengendalian,    monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kebijakan dibidang  perencanaan pembangunan daerah  lingkup Bappeda;
  • Memberikan  saran   pertimbangan  kepada   atasan    sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai  prestasi kerja para  bawahan berdasarkan  hasil  kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun  sasaran    kerja   pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan tugas lain yang  diperintahkan  oleh atasan   sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


B. SEKRETARIS

  • Mengoordinasikan   pelaksanaan   dan   pemberian  dukungan   administrasi Kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Badan   yang   meliputi perencanaan, keuanganumum dan kepegawaian;
  • Menyusun    kebijakan   teknis    di    bidang   pengelolaan   surat-menyurat, kerumahtanggaan, hubungan masyarakat, keprotokolan, kearsipan, barang inventaris, kelembagaan, administrasi dan pengelolaan kepegawaian, dan administrasi keuangan  serta  perencanaan   dan  pelaporan  pada  Badan   sesuai ketentuan  Peraturan  Perundang-undangan yang  berlaku;
  • Merumuskan,  mengoordinasikan dan  menyusun  bahan   rencana anggaran dan program kerja pada Badan berdasarkan rencana strategis dan rencana kerja untuk  kelancaraan pelaksanaan tugas;
  • Mengoordinasikan   pelaksanaan    kegiatan   lingkup   Sekretariat   meliputi Subbagian perencanaan, Subbagian Keuangan, dan Subbagian umum dan kepegawaian;
  • Mengoordinasikan penyusunan  petunjuk pelaksanaan  dan  petunjuk teknis penyelenggaraan dan pembinaan administrasi dibidang   Perencanaan, Keuangan, umum dan Kepegawaian;
  • Melaksanakan  rencana  program kerja  lingkup penyusunan  perencanaan, program, data,   informasi, evaluasi, pelaporan, umum, kepegawaian dan keuangan;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data,  informasi, permasalahanperaturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis yang berkaitan dengan penyelenggaraan Perencanaan, Keuangan, umum dan Kepegawaian;
  • Melaksanakan  fasilitasi dan  koordinasi dengan  instansi terkait  berkenaan dengan penyelenggaraan PerencanaanKeuangan, umum dan Kepegawaian;
  • Mengoordinasikan penyusunan  bahan perencanaan   meliputi  Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja (Renja), Perjanjian Kinerja (PK) dan  dokumen perencanaan  lainnya pada  lingkup Sekretariat dan Badan;
  • Mengoordinasikan dan mengolah penyusunan bahan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ)Bupati, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan   Kinerja (LKjIP),Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)dan  dokumen pertanggungjawaban  lainnya pada  lingkup Sekretariat dan Badan;
  • Melaksanakan    identifikasi,   pengumpulan    dan     pengolahan     bahan pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan dibidang kesekretariatan;
  • Melaksanakan  koordinasi, pembinaan dan  petunjuk pelaksanaan  dibidang Kesekretariatan meliputi perencanaan, keuangan dan umum dan Kepegawaian;
  • Melaksanakan dan menyelenggarakan kebutuhan rumah tangga, pengadaan dan pemeliharaan   sarana dan prasarana, dan pengelolaan aset yang menjadi tanggung jawab Badan;
  • Memverifikasi perencanaan  kebutuhan  rumah  tangga  dan  perlengkapan sekretariat, serta memverifikasi pertanggungjawaban keuangan Badan;
  • Mengevaluasi dan  melaporkan pelaksanaan  program dan  kegiatan sesuai dengan kewenangannya dengan cara mengukur antara target   dengan realisasi capaian berdasarkan perencanaan dan perjanjian kinerja yang telah ditetapkan untuk  bahan  laporan kepada atasan  dan kebijakan lebih lanjut;
  • Memberikan  saran pertimbangan  kepada   atasan    sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai  prestasi kerja  para  bawahan berdasarkan  hasil  kerja yang  dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun   sasaran     kerja   pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diberikan oleh atasan   sesuai  dengan  tugas dan fungsinya.



C. KEPALA SUB BAGIAN PERENCANAAN

  • Merencanakan   dan   menyusun   program  dan   rencana    kerja   per   tahun anggaran subbagian perencanaan berdasarkan prioritas target  sasaran  yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan bahan   penyusunan  perencanaan  meliputi Rencana Strategis (Renstra),  Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja (Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran, Perjanjian Kinerja (PK), Pengukuran   Kinerja, dan   dokumen  perencanaan   lainnya  pada subbagian perencanaan;
  • Menyiapkan  bahan    penyusunan   pertanggungjawaban   meliputi    Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Kinerja (LKjIP), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan dokumen pertanggungjawaban lainnya pada subbagian perencanaan;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis penyelenggaraan dan pembinaan dibidang perencanaan;
  • Menyiapkan dan  menyampaikan rancangan  Standar Operasional Prosedur (SOP)dibidang perencanaan;
  • Melakukan   penyusunan    rencana   program,   kegiatan,    dan    anggaran, pemantauan,    evaluasi, pengelolaan data, dan  penyusunan  laporan   kinerja program;
  • Menyiapkan   bahan     data    monitoring   evaluasi   dan    pelaporan   hasil pelaksanaan pekerjaan pada subbagian perencanaan;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan  subbagian perencanaan    dengan  cara mengukur antara  target  dengan  realisasi capaian berdasarkan perencanaan dan perjanjian kinerja yang telah ditetapkan untuk bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan saran   pertimbangan  kepada   atasan    sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai  prestasi kerja  para  bawahan berdasarkan  hasil  kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun   sasaran     kerja   pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain  yang  diperintahkan  oleh  atasan   sesuai   dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


D. KEPALA SUB BAGIAN KEUANGAN

  • Merencanakan   dan   menyusun  program dan   rencana  kerja   per  tahun anggaran subbagian keuangan berdasarkan  prioritas target  sasaran   yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan    bahan    penyusunan    perencanaan    meliputi  Rencana  Strategis (Renstra),   Indikator  Kinerja Utama (IKU), Rencana  Kinerja  Tahunan  (RKT), Rencana Kerja (Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran, Perjanjian  Kinerja (PK), Pengukuran    Kinerja,   dan    dokumen    perencanaan     lainnya   pada subbagian keuangan;
  • Menyiapkan    bahan     penyusunan     pertanggungjawaban      meliputi     Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan     Penyelenggaraan Pemerintahan      Daerah    (LPPD), Laporan  Kinerja (LKjIPJ,  Laporan  Keuangan Pemerintah Daerah  (LKPD)dan dokumen pertanggungjawaban lainnya pada subbagian keuangan;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk  teknis penyelenggaraan dan pembinaan dibidang keuangan;
  • Menyiapkan dan  menyampaikan rancangan Standar Operasional  Prosedur (SOP)dibidang keuangan;
  • Melakukan pengelolaan dan penyiapan bahan  pelaksanaan verifikasi, penatausahaan, perbendaharaan, pembukuan keuangan, urusan  akuntansi dan pelaporan keuangan, serta penyiapan bahan  tanggapan pemeriksaan;
  • Menyiapkan   bahan     data    monitoring   evaluasi    dan    pelaporan    hasil pelaksanaan pekerjaan pada subbagian keuangan;
  • Menyiapkan dan melaksanakan pembayaran gajiupah  dan tunjangan para pegawai;
  • Menyiapkan dan  melaksanakan  penelitian usulan   permintaan  biaya  serta pembayaran uang perjalanan dinas;
  • Menyiapkan  dan   mengumpulkan  bahan   pelaporan  pertanggungjawaban pembayaran gaji, keuangan, perjalanan dinasdan pindah  pegawai;
  • Menyiapkan  bahan       penerbitan  SPM,   penyusunan   laporan   keuangan realisasi belanja secara berkala, perhitungan realisasi belanja  dan laporan keuangan akhir tahun  anggaran;
  • Menyiapkan dan mengerjakan  pembukuan   buku   register   SPM  Giro, pengujian bukti  belanja  yang asli dan sah, pencatatan transaksi SPM Giro dalam buku jurnal  pengeluaran kaspencatatan transaksi SPM Giro dalam buku jurnal  pengeluaran kas, SPJ pengeluaran kas;
  • Mencatat, menyetor dan melaporkan realisasi penerimaan dan pengeluaran pajak;
  • Mengevaluasi   dan    melaporkan    pelaksanaan    program   dan    kegiatan subbagian keuangan dengan  cara mengukur antara target  dengan  realisasi capaian berdasarkan   perencanaan   dan   perjanjian  kinerja   yang   telah ditetapkan untuk  bahan  kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan  saran   pertimbangan  kepada   atasan    sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai  prestasi kerja para  bawahan berdasarkan hasil  kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun   sasaran    kerja   pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan   oleh atasan sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


E. KEPALA SUB BAGIAN UMUM DAN KEPEGAWAIAN

  • Merencanakan     dan   menyusun    program   dan    rencana    kerja    per   tahun anggaran subbagian umum dan kepegawaian berdasarkan prioritas  target sasaran yang  akan  dicapai  sebagai  pedoman pelaksanaan  kegiatan;
  • Menyiapkan   bahan    penyusunan    perencanaan    meliputi  Rencana    Strategis (Renstra), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana  Kinerja  Tahunan  (RKT), Rencana  Kerja  (Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran, Perjanjian Kinerja (PK), Pengukuran     Kinerja,   dan    dokumen    perencanaan     lainnya   pada subbagian  umum   dan kepegawaian;
  • Menyiapkan    bahan     penyusunan    pertanggungjawaban     meliputi     Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan    Daerah    (LPPD), Laporan Kinerja   (LKjIP),    Laporan    Keuangan Pemerintah Daerah   (LKPD)dan dokumen  pertanggungjawaban   lainnya pada subbagian  umum   dan  kepegawaian;
  • Menyiapkan  bahan   penyusunan   petunjuk  pelaksanaan   dan  petunjuk  teknis penyelenggaraan   dan pembinaan dibidang umum   dan kepegawaian;
  • Menyiapkan  dan  menyampaikan   rancangan   Standar  Operasional  Prosedur (SOP) dibidang umum   dan kepegawaian;
  • Melakukan urusan surat menyurat, pelaksanaan kearsipan dan ekspedisi, pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan, pengelolaan aset, informasidan dokumentasi, serta pengelolaan urusan   administrasi kepegawaian, pembinaan jabatan fungsional, dan evaluasi kinerja  Aparatur Sipil Negara;
  • Melaksanakan dan mengoordinasikan administrasi persuratan yang meliputi penerimaan, pencatatanpendistribusian dan pengiriman naskah  dinas;
  • Melaksanakan    dan    mengoordinasikan   pengelolaan   kerumahtanggaan, kebersihan, keindahan, ketertiban lingkungan, keamanan, rapat-rapat kedinasan serta pelayanan administrasi umum;
  • Melaksanakan  dan      mengoordinasikan administrasi pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan pemeliharaan data serta   dokumentasi kepegawaian;
  • Melaksanakan  dan  mengoordinasikan  rencana  pengadaan,  penyimpanan, pendistribusian penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan barang asset dan inventaris  barang milik daerah  pada lingkup Dinas/Badan;
  • Melaksanakan dan mengoordinasikan  administrasi penilaian, pemindahtanganan, pemusnahan, pengusulan penghapusan dan administrasi     penataausahaan   barang   asset   dan  inventaris   barang   milik daerah;
  • Menyiapkan  bahan   penyelesaian administrasi  kepegawaian yang  meliputi kenaikan pangkat, pensiun, kenaikan gaji berkala, cuti,  kesejahteraan pegawai dan laporan  berkala;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan  program pengelolaan administrasi kepegawaian meliputi penyusunan rencana formasi dan kebutuhan pegawai, usulan kebutuhan  diklat  struktural/fungsional,  usulan jabatan, penataan kebutuhan pegawai, pembinaan  dan  peningkatan  disiplin,    dan  sistem informasi manajemen kepegawaian;
  • Mengevaluasi   dan    melaporkan   pelaksanaan    program   dan    kegiatan subbagian umum dan kepegawaian dengan cara mengukur antara target dengan   realisasi  capaian  berdasarkan   perencanaan   dan  perjanjian   kinerja yang telah ditetapkan  untuk   bahan  kebijakan  selanjutnya;
  • Memberikan    saran    pertimbangan    kepada    atasan     sesuai    dengan    bidang tugasnysebagai  bahan pengambilan  kebijakan;
  • Menilai  prestasi  kerja  para  bawahan  berdasarkan   hasil  kerja  yang  dicapai sebagai bahan dalam  pembinaan  dan peningkatan  karier;
  • Menyusun    sasaran      kerja    pegawai   dan    melaporkan    hasil    pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan tugas  lain  yang  diperintahkan   oleh  atasan sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


F. KEPALA BIDANG PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN PEMBANGUNAN

  • Merencanakan   dan  menyusun  program dan  rencana  kerja  per  tahun anggaran bidang perencanaan dan pengendalian pembangunan berdasarkan prioritas  target  sasaran   yang akan  dicapai  sebagai  pedoman pelaksanaan  kegiatan;
  • Mengoordinasikan rumusan bahan  penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis operasional pada bidang perencanaan dan pengendalian pembangunan;
  • Mengoordinasikan  bahan    penyusunan   perencanaan   meliputi   Rencana Strategis (Renstra), Indikator  Kinerja  Utama   (IKU), RencanKinerja Tahunan (RKT)Rencana Kerja (Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA), Perjanjian  Kinerja (PK), Pengukuran   Kinerja,   dan   dokumen perencanaan lainnya pada  bidang  perencanaan  dan pengendalian pembangunan;
  • Mengoordinasikan   bahan     penyusunan    pertanggungjawaban   meliputi Laporan Keterangan  Pertanggungjawaban (LKPJ)Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah  (LPPD),Laporan Kinerja (LKjIP), Laporan Keuangan Pemerintah     Daerah   (LKPD)dan  dokumen pertanggungjawaban  lainnya pada bidang perencanaan dan pengendalian pembangunan;
  • Mengoordinasikan bahan pembuatan dan penyusunan rumusan Standar Operasional Prosedur  (SOP) dibidang perencanaan dan pengendalian pembangunan;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan  dan  kebijaksanaan teknis  yang  berkaitan  dengan penyelenggaraan perencanaan dan pengendalian pembangunan;
  • Melakukan analisa    dan      pengkajian  perencanaan   dan   pendanaan pembangunan daerah;
  • Melakukan analisa  dan pengkajian kewilayahan;
  • Melakukan pengumpulan  dan analisasdata dan informasi pembangunan untuk perencanaan pembangunan daerah;
  • Pengintegrasian  dan   harmonisasi  program-program pembangunan di daerah;
  • Perumusan kebijakan    penyusunan  perencanaanpengendalian,  evaluasi dan informasi pembangunan   daerah;
  • Mengoordinasikan   dan    mengsinkronisasikan   pelaksanaan   kebijakan perencanaan dan penganggaran di daerah;
  • Melakukan  evaluasi  terhadap   kebijakan  perencanaan   pembangunan daerah dan pelaksanaan rencana pembangunan daerah, serthasil rencana pembangunan daerah;
  • Melakukan pengendalian melalui pemantauan, supervisi dan tindak lanjut penyimpangan terhadap pencapaian tujuan agar  program dan  kegiatan sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah;
  • Mengidentifikasi permasalahan  pembangunan  daerah   berdasarkan  data untuk mengetahui perkembangan pembangunan;
  • Menyajikan dan mengamankan data informasi pembangunan daerah;
  • Melakukan pengamanan data melalui bahan  cetak dan elektronik sebagai bahan  dokumentasi;
  • Penyusunan evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan pembangunan daerah;
  • Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan program dan kegiatan pembangunan daerah;
  • Pengelolaan hasil analisis hasil   evaluasi  untuk    penyiapan  pelaporan program dan kegiatan pembangunan daerah;
  • Penyusunan hasil evaluasi dan laporan pelaksanaan program pembangunan daerah;
  • Mengevaluasi dan melaporkan  pelaksanaan program dan kegiatan dengan cara mengukur antara target dengan realisasi capaian  berdasarkan perencanaan  dan  perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan untuk bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan saran   pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai prestasi kerja para bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun  sasaran kerja  pegawai dan  melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan oleh atasan   sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


G. KEPALA BIDANG SOSIAL BUDAYA DAN SUMBER DAYA MANUSIA

  • Merencanakan  dan  menyusun  program dan  rencana  kerja  per  tahun anggaran bidang  sosial  budaya dan sumber daya  manusia berdasarkan prioritas target  sasaran  yang akan  dicapai  sebagai  pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Mengoordinasikan rumusan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis operasional pada bidang sosial budaya dan sumber daya manusia;
  • Mengoordinasikan     bahan     penyusunan     perencanaan     meliputi    Rencana Strategis (Renstra), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana  Kerja  (Renja), Rencana  Kegiatan dan  Anggaran (RKA), Perjanjian    Kinerja   (PK), Pengukuran     Kinerja,    dan    dokumen perencanaan lainnya pada bidang sosial budaya dan sumber daya manusia;
  • Mengoordinasikan bahan penyusunan  pertanggungjawaban meliputi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan  Kinerj(LKjIP), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan dokumen pertanggungjawaban lainnya    pada  bidang  sosial  budaya dan  sumber   daya manusia;
  • Mengoordinasikan bahan   pembuatan   dan  penyusunan rumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) dibidang sosial budaya dan sumber daya manusia;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis yang  berkaitan  dengan penyelenggaraan sosial budaya dan sumber daya manusia;
  • Mengoordinasikan  Penyusunan  Rancangan  RPJPD,  RPJMD, dan  RKPD Bidang Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia;
  • Mengoordinasikan penyusunan Rancangan Renstra dan Renja  Perangkat Daerah Bidang Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia;
  • Mengoordinasikan Sinergitas dan   Harmonisasi  RPJMD Bidang   Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia;
  • Mengoordinasikan Sinergitas dan Harmonisasi Kegiatan Perangkat Daerah Bidang Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia;
  • Mengoordinasikan Pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi Kegiatan K/ L, Prov di Kab/ Kota Bidang Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia;
  • Mengoordinasikan Pembinaan  teknis    perencanaan   kepada Perangkat Daerah Bidang Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia;
  • Melaksanakan   pengendalian/monitoringevaluasi  dan   pelaporan  atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah  Bidang Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia;
  • Melaksanakan Pengelolaan datdan informasi perencanaan pembangunan daerah  Bidang Sosial Budaya dan Sumber Daya Manusia;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan dengan cara mengukur antara target dengan realisasi  capaian  berdasarkan perencanaan dan  perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan untuk   bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan saran   pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai prestasi kerja para bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun  sasaran    kerja  pegawai dan  melaporkan hasil pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang diperintahkan  oleh atasan   sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


H. KEPALA BIDANG PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

  • Merencanakan  dan   menyusun    program   dan   rencana  kerja   per   tahun anggaran bidang penelitian   dan pengembangan  berdasarkan     prioritas target  sasaran yang  akan  dicapai  sebagai  pedoman pelaksanaan kegiatan
  • Mengoordinasikan   rumusan  bahan   penyusunan   petunjuk    pelaksanaan   dan petunjuk  teknis  operasional pada bidang  penelitian dan pengembangan;
  • Mengoordinasikan     bahan     penyusunan     perencanaan     meliputi    Rencana Strategis (Renstra), Indikator Kinerja  Utama (IKU), Rencana    Kinerja Tahunan (RKT), Rencana  Kerja  (Renja), Rencana  Kegiatan dan  Anggaran (RKA), Perjanjian    Kinerja   (PK),   Pengukuran     Kinerja,     dan    dokumen perencanaan   lainnya   pada  bidang penelitian  dan pengembangan;
  • Mengoordinasikan      bahan      penyusunan      pertanggungjawaban       meliputi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan    Pemerintahan    Daerah (LPPD), Laporan  Kinerja (LKjlP), Laporan Keuangan Pemerintah    Daerah     (LKPD) dan    dokumen pertanggungjawaban lainnya pada  bidang penelitian dan pengembangan;
  • Mengoordinasikan    bahan   pembuatan   dan  penyusunan    rumusan   Standar Operasional  Prosedur  (SOP) dibidang penelitian dan pengembangan;
  • Menyelenggarakan pengumpulan datainformasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan  kebijaksanaan teknis  yang  berkaitan  dengan penyelenggaraan penelitian dan pengembangan;
  • Merumuskan dan menetapkan kebijakan teknis di bidang penelitian dan pengembangan sesuai dengan   kebijakan yang  ditetapkan  oleh  Bupati berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • Merumuskan dan menetapkan kebijakan operasional, memfasilitasi dan memberikan dukungan atas penyelenggaraan pemerintah daerah  di bidang penelitian dan pengembangan daerah;
  • Merumuskan dan  menetapkan  kebijakan operasionalmengoordinasikan, mengendalikan  dan  mengevaluasi pelaksanaan  penelitian dan pengembangan bidang pemerintahan, ekonomi, sosial budaya, sumberdaya alam, teknologi dan inovasi;
  • Merumuskan  dan menetapkan kebijakan operasional, mengoordinasikan, mengendalikan dan  mengevaluasi pelaksanaan  kegiatan pengkajian dan analisis  kebijakan pemerintah daerah;
  • Merumuskan dan menetapkan kebijakan operasional, mengoordinasikan, mengendalikan dan   mengevaluasi pelaksanaan   pengembangan   basil penelitian dan pengembangan dalam  perumusan kebijakan pemerintahan dan pembangunan daerah;
  • Merumuskan  dan menetapkan  kebijakan operasional, mengoordinasikan, mengendalikan dan  mengevaluasi kegiatan inventarisasi,  identifikasi  dan analisis pemecahan  masalah-masalah pemerintahan  daerah   sebagai bahan kajian  dan perumusan   kebijakan pemerintahan   dan pembangunan  daerah;
  • Merumuskan,     mengendalikan     dan    mengevaluasi    kegiatan   pembuatan Rencana Kerja  Pembangunan Daerah dalam    lingkup   OPD   koordinasi bidang;
  • Mengevaluasi   dan  melaporkan   pelaksanaan   program  dan  kegiatan  dengan cara mengukur    antara target dengan realisasi   capaian    berdasarkan perencanaan    dan  perjanjian   kinerja   yang   telah   ditetapkan   untuk    bahan kebijakan  selanjutnya;
  • Memberikan   saran    pertimbangan    kepada    atasan    sesuai    dengan    bidang tugasnya  sebagai  bahan pengambilan  kebijakan;
  • Menilai   prestasi   kerja  para  bawahan  berdasarkan   hasil  kerja  yang dicapai sebagai  bahan   dalam pembinaan dan peningkatan  karier;
  • Menyusun    sasaran     kerja   pegawai  dan   melaporkan    hasil    pelaksanaan pekerjaan;  dan
  • Melaksanakan    tugas   lain  yang  diperintahkan    oleh  atasan    sesuai   denga tugas  dan fungsinya untuk kelancaran tugas  kedinasan.



I. KEPALA BIDANG EKONOMI DAN INFRASTRUKTUR

  • Merencanakan   dan  menyusun  program dan  rencana  kerja  per  tahun anggaran bidang  ekonomi dan  infrastruktur berdasarkan  prioritatarget sasaran  yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Mengoordinasikan rumusan bahan penyusunan petunjuk  pelaksanaan dan petunjuk teknis operasional pada bidang ekonomi dan infrastruktur;
  • Mengoordinasikan  bahan   penyusunan   perencanaan   meliputi  Rencana Strategis  (Renstra), Indikator Kinerja Utama (IKU)Rencana  Kinerja Tahunan   (RKT),   Rencana  Kerja  (Renja),   Rencana  Kegiatan   dan  Anggaran (RKA), Perjanjian    Kinerja   (PK),    Pengukuran     Kinerja,    dan    dokumen perencanaan   lainnya pada  bidang ekonomi dan  infrastruktur;
  • Mengoordinasikan      bahan      penyusunan      pertanggungjawaban      meliputi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan    Pemerintahan    Daerah    (LPPD), Laporan  Kinerja   (LKjIP), Laporan  Keuangan   Pemerintah   Daerah    (LKPD) dan   dokumen pertanggungjawaban  lainnya  pada  bidang ekonomi dan  infrastruktur;
  • Mengoordinasikan    bahan   pembuatan   dan  penyusunan    rumusan   Standar Operasional  Prosedur  (SOP) dibidang ekonomi dan infrastruktur;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahanperaturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis yang berkaitan dengan penyelenggaraan ekonomi dan infrastruktur ;
  • Mengoordinasikan  Penyusunan  Rancangan  RPJPD,  RPJMD, dan  RKPD Bidang Ekonomi dan Infrastrukur;
  • Mengoordinasikan penyusunan  Rancangan Renstra dan  Renja Perangkat Daerah Bidang Ekonomi dan Infrastrukur;
  • Mengoordinasikan Sinergitas dan Harmonisasi  RPJMD Bidang Ekonomi dan Infrastrukur;'
  • Mengoordinasikan Sinergitas dan Harmonisasi Kegiatan Perangkat Daerah Bidang Ekonomi dan Infrastrukur
  • Mengoordinasikan Pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi Kegiatan K/L, Prov di Kab/ Kota Bidang Ekonomi dan Infrastrukur;
  • Mengoordinasikan   Pembinaan  teknis    perencanaan   kepada    Perangkat Daerah Bidang Ekonomi dan Infrastrukur;
  • Melaksanakan   pengendalian/monitoringevaluasi  dan   pelaporan  atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah   Bidang   Ekonomi dan Infrastrukur;
  • Melaksanakan Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah  Bidang Ekonomi dan Infrastrukur;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan dengan cara mengukur  antara    target dengan realisasi  capaian    berdasarkan perencanaan    dan  perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan untuk   bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan saran   pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai prestasi kerja para bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun sasaran    kerja  pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan  oleh atasan   sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


J. KEPALA SUBBIDANG PERENCANAAN PEMBANGUNAN

  • Merencanakan  dan  menyusun  program dan  rencana  kerja  per  tahun anggaran subbidang  perencanaan pembangunan berdasarkan  prioritas target sasaran  yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan  perencanaan  meliputi  Rencana Strategis (Renstra), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kinerja Tahunan  (RKT), Rencana Kerja (Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA)Perjanjian Kinerja (PK),Pengukuran Kinerja, dan dokumen perencanaan lainnya pada sub bidang perencanaan pembangunan;
  • Menyiapkan bahan   penyusunan  pertanggungjawaban  meliputi  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD)Laporan Kinerja (LKjIPdan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan  dokumen  pertanggungjawaban lainnya pada  subbidang  perencanaan   pembangunan;
  • Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis  operasional  dilingkungan  subbidang perencanaan   pembangunan;
  • Menyiapkan dan  menyampaikan   rancangan   Standar  Operasional  Prosedur (SOP) dibidang perencanaan pembangunan;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahanperaturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis  yang  berkaitan  dengan penyelenggaraan perencanaan pembangunan;
  • Pengkajian, analisis,  dan   perumusan  kerangka  pembangunan  melalui pendekatan holistik integratif;
  • Pengoordinasian dan sinkronisasi analisis  perencanaan dan pengembangan pendanaan pembangunan daerah, termasuk juga kebijakan keuangan daerah;
  • Pengoordinasian pagu indikatif pembangunan daerah;
  • Pengoordinasian dan sinkronisasi  pelaksanaan pembangunan daerah secara holistik, integratif, tematik dan spasial;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan  dengan cara mengukur antara target dengan realisasi capaian  berdasarkan perencanaan dan  perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan untuk   bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan saran pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai prestasi kerja para bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun  sasaran    kerja   pegawai dan  melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan  oleh atasan   sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


K. KEPALA SUBBIDANG PENGENDALIAN DAN EVALUASI PEMBANGUNAN

  • Merencanakan   dan   menyusun  program  dan   rencana  kerja  per  tahun anggaran subbidang pengendalian dan evaluasi pembangunan  berdasarkan prioritas target  sasaran   yang akan  dicapai  sebagai pedoman  pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan bahan   penyusunan  perencanaan  meliputi Rencana   Strategis (Renstra), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja (Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA), Perjanjian Kinerja (PK), Pengukuran Kinerja, dan dokumen perencanaan lainnya pada subbidang pengendalian dan evaluasi pembangunan;
  • Menyiapkan bahan penyusunan pertanggungjawaban meliputi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD),   Laporan  Kinerja  (LKjIP)    dan   Laporan Keuangan Pemerintah Daerah  (LKPD)dan dokumen pertanggungjawaban lainnya pada  subbidang  pengendalian  dan evaluasi pembangunan;
  • Menyiapkan  bahan   penyusunan   petunjuk  pelaksanaan   dan  petunjuk  teknis operasional dilingkungan subbidang pengendalian dan evaluasi pembangunan;
  • Menyiapkan dan menyampaikan   rancangan   Standar  Operasional  Prosedur (SOP) dibidang pengendalian  dan evaluasi   pembangunan;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis  yang berkaitan dengan penyelenggaraan pengendalian dan evaluasi pembangunan;
  • Pengoordinasian  pengendalian  dan   evaluasi   atas capaian pelaksanaan rencana pembangunan daerah;
  • Menghimpun bahan  hasil pengendalian dan evaluasi  pembangunan daerah sesuai program/kegiatan sebagai bahan  penyusunan pelaporan;
  • Pelaksanaan pengendalian dan evaluasi melalui pemantauansupervisi dan tindak  lanjut  penyimpangan terhadap pencapaian tujuan  agar program dan kegiatan sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah  secara berkala;
  • Membuat   laporan     hasil     pelaksanaan    pengendalian    dan     evaluasi pembangunan daerah  sebagai bahan  penilaian secara berkala;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan dengan cara mengukur antara target dengan realisasi capaian berdasarkan perencanaan    dan  perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan untuk bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan  saran   pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai prestasi kerja para  bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun  sasaran    kerja   pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan  oleh atasan   sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk kelancaran tugas kedinasan.


L. KEPALA SUBBIDANG DATA DAN PELAPORAN

  • Merencanakan   dan   menyusun  program dan   rencana  kerja  per  tahun anggaran subbidang data dan pelaporan berdasarkan prioritas  target sasaran  yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan bahan   penyusunan  perencanaan  meliputi Rencana Strategis (Renstra), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana KinerjTahunan (RKT), Rencana Kerja (Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA), Perjanjian Kinerja (PK), Pengukuran Kinerja, dan dokumen perencanaan lainnya pada subbidang data dan pelaporan;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan pertanggungjawaban meliputi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan    Kinerja   (LKjIP) dan   Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)dan dokumen pertanggungjawaban lainnya pada subbidang data dan pelaporan;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis operasional di lingkungan subbidang data dan pelaporan;
  • Menyiapkan   dan  menyampaikan   rancangan   Standar  Operasional  Prosedur (SOP) dibidang data  dan pelaporan;
  • Menyelenggarakan  pengumpulan   data,   informasi,  permasalahan,   peraturan perundang-undangan  dan kebijaksanaan teknis yang berkaitan dengan penyelenggaraan   data  dan pelaporan;
  • Melakukan  pengumpulan   data  pembangunan  daerah;
  • Mengelola  data  pembangunan    sesuai   jenisnya  sebagai bahan   penyusunan rencana pembangunan daerah;
  • Mengelola hasil  analisis   atas  hasil  evaluasi   untuk   penyiapan pelaporan program dan kegiatan pembangunan daerah;
  • Menyajikan dan mengamankan data informasi pembangunan daerah;
  • Menyusun hasil evaluasi dan   laporan  pelaksanaan program pembangunan daerah;
  • Menyusun  rencana kegiatan pengolahan data  sesuai  kebutuhan  sebagai acuan  pelaksanaan tugas unit terkait;
  • Menyajikan data  pembangunan  daerah   sesuai  kebutuhan  sebagai bahan informasi;
  • Melakukan pengamanan  data  hasil  pembangunan  daerah   melalui  bahan cetak dan elektronik sebagai bahan  dokumentasi;
  • Mengoordinasikan  pendataan  dan  pelaporan  atas   capaian  pelaksanaan rencana pembangunan daerah;
  • Menyusun laporan  hasil pelaksanaan pembangunan daerah secara periodik sebagai bahan  evaluasi;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan  program  dan kegiatan dengan cara mengukur  antara  target   dengan    realisasi   capaian  berdasarkan perencanaan dan perjanjian kinerja yang telah ditetapkan untuk bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan saran   pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai  prestasi  kerja para  bawahan berdasarkan hasil kerjyang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun  sasaran    kerja   pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan oleh atasan sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


M. KEPALA SUBBIDANG PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

  • Merencanakan     dan   menyusun    program   dan   rencana   kerja   per   tahun anggaran subbidang pendidikan dan kebudayaan berdasarkan   prioritas target  sasaran   yang  akan  dicapai  sebagai  pedoman  pelaksanaan   kegiatan;
  • Menyiapkan    bahan    penyusunan   perencanaan   meliputi    Rencana    Strategis (Renstra), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana    Kinerja  Tahunan   (RKT), Rencana  Kerja  (Renja), Rencana  Kegiatan dan  Anggaran  (RKA), Perjanjian Kinerja(PK), Pengukuran  Kinerja,   dan  dokumen  perencanaan    lainnya  pada subbidang  pendidikan  dan kebudayaan;
  • Menyiapkan    bahan     penyusunan    pertanggungjawaban     meliputi     Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah     (LPPD),     Laporan     Kinerja     (LKjIP)     dan    Laporan Keuangan  Pemerintah   Daerah    (LKPD) dan  dokumen  pertanggungjawaban lainnya padsubbidang pendidikan dan  kebudayaan;
  • Menyiapkan  bahan   penyusunan   petunjuk  pelaksanaan   dan  petunjuk  teknis operasional  dilingkungan  subbidang pendidikan  dan kebudayaan;
  • Menyiapkan   dan  menyampaikan   rancangan   Standar  Operasional  Prosedur (SOP) dibidang pendidikan  dan kebudayaan;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasipermasalahanperaturan perundang-undangan dan  kebijaksanaan teknis   yang  berkaitan  dengan penyelenggaraan pendidikan dan kebudayaan;
  • Merancang    Penyusun    Rancangan    RPJPD,    RPJMD,     RKPD   Urusan Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga,  Perpustakaan   dan Kearsipan;
  • Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah Urusan Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan dan Kearsipan;
  • Merencanakan pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi RTRWDaerah dan RPJMD Urusan Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda   dan    Olahraga, Perpustakaan  dan Kearsipan;
  • Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan  kepada  Perangkat Daerah Urusan  Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan dan Kearsipan;
  • Merencanakan Sinergitas dan   Harmonisasi  Kegiatan Perangkat  Daerah Urusan  PendidikanKebudayaanPemuda dan OlahragaPerpustakaan dan Kearsipan;
  • Merencanakan  Dukungan  pelaksanaan  Kegiatan Pusat,   provinsi    untuk Urusan  Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan dan Kearsipan
  • Merencanakan   pengendalian/monitoring,    evaluasi  dan   pelaporan  atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah urusan  Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan dan Kearsipan;
  • Melaksanakan  Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Urusan   Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan  Olahraga, Perpustakaan dan Kearsipan;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan  dengan cara mengukur antara target    dengan realisasi  capaian  berdasarkan perencanaan    dan  perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan untuk bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan    saran    pertimbangan    kepada    atasan     sesuai    dengan  bidang tugasnya sebagai  bahan  pengambilan  kebijakan;
  • Menilai   prestasi  kerja  para  bawahan  berdasarkan   hasil  kerja  yang  dicapai sebagai  bahan   dalam  pembinaan dan peningkatan  karier;
  • Menyusun   sasaran   kerja    pegawai    dan    melaporkan   hasil  pelaksanaan pekerjaan;  dan
  • Melaksanakan    tugas   lain  yang  diperintahkan    oleh  atasan  sesuai   dengan tugas  dan fungsinya untuk kelancaran tugas  kedinasan.


N. KEPALA SUBBIDANG KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

  • Merencanakan     dan   menyusun    program   dan   rencana  kerja    per   tahun anggaran subbidang kesehatan dan kesejahteraan   rakyat    berdasarkan prioritas  target   sasaran    yang  akan   dicapai   sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan   bahan    penyusunan    perencanaan    meliputi   Rencana  Strategis (Renstra), Indikator  Kinerja  Utama (IKU), RencanKinerja  Tahunan   (RKT), Rencana    Kerja  (Renja),   Rencana  Kegiatan   dan  Anggaran  (RKA), Perjanjian Kinerja  (PK),  Pengukuran   Kinerja, dan  dokumen perencanaan  lainnypada subbidang   kesehatan  dan kesejahteraan  rakyat;
  • Menyiapkan    bahan     penyusunan    pertanggungjawaban meliputi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan     Daerah     (LPPD},    Laporan    Kinerja     (LKjIP}    dan    Laporan Keuangan Pemerintah   Daerah    (LKPD) dan   dokumen  pertanggungjawaban lainnya pada  subbidang kesehatan dan kesejahteraan   rakyat;
  • Menyiapkan  bahan   penyusunan   petunjuk  pelaksanaan  dan  petunjuk  teknis operasional dilingkungan  subbidang kesehatan  dan kesejahteraan  rakyat;
  • Menyiapkan  dan  menyampaikan   rancangan   Standar  Operasional  Prosedur (SOP) dibidang kesehatan  dan kesejahteraan   rakyat;
  • Menyelenggarakan   pengumpulan   data,  informasi,  permasalahan,  peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis   yang   berkaitan   dengan penyelenggaraan   kesehatan  dan kesejahteraan    rakyat;
  • Merancang  Penyusun  Rancangan  RPJPD,  RPJMD,  RKPD Urusan   Kesehatan, Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan     Anak, Pengendalian Penduduk  dan KBTrantibum  dan Linmas;
  • Menganalisis    Rancangan   Renstra   Perangkat   Daerah    Urusan     Kesehatan, Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan     Anak,     Pengendalian Penduduk dan  KB, Trantibum  dan Linmas;
  • Merencanakan  pelaksanaan  Sinergitas dan  Harmonisasi  RTRW Daerah   dan RPJMD Urusan   Kesehatan, Sosial, Pemberdayaan Perempuan,  Perlindungan Anak,  Pengendalian  Penduduk  dan  KB, Trantibum  dan  Linmas;
  • Membuat  konsep   pembinaan  teknis  perencanaan   kepada   Perangkat  Daerah Urusan Kesehatan, Sosial, Pemberdayaan  Perempuan,   Perlindungan   Anak, Pengendalian    Penduduk  dan  KB, Trantibum  dan  Linmas;
  • Merencanakan    sinergitas   dan    harmonisasi    kegiatan     Perangkat   Daerah Urusan   Kesehatan,  Sosial, Pemberdayaan   Perempuan,   Perlindungan   Anak, Pengendalian  Penduduk  dan  KBTrantibum  dan  Linmas;
  • Merencanakan  Dukungan pelaksanaan  Kegiatan Pusat,  provinsi    untuk Urusan  Kesehatan, SosialPemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB,Trantibum dan Linmas;
  • Merencanakan    pengendalian/monitoring,  evaluasi    dan   pelaporan    atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah urusan Kesehatan, Sosial, Pemberdayaan PerempuanPerlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB, Trantibum dan Linmas;
  • Melaksanakan Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah  Urusan  Kesehatan, Sosial, Pemberdayaan PerempuanPerlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB,Trantibum dan Linmas;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan dengan carmengukur   antara target dengan realisasi  capaian    berdasarkan perencanaan dan  perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan  untuk   bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan  saran   pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai  prestasi kerja para  bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun  sasaran    kerja   pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan  oleh atasan   sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.



O. KEPALA SUBBIDANG SUMBER DAYA MANUSIA

  • Merencanakan   dan   menyusun  program dan   rencana    kerja   per  tahun anggaran subbidang  sumberdaya manusia berdasarkan  prioritas target sasaran  yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan bahan   penyusunan  perencanaan  meliputRencanStrategis (Renstra), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kinerja Tahunan   (RKT), Rencana Kerj(Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA), Perjanjian Kinerja (PK),Pengukuran Kinerja, dan dokumen perencanaan lainnya pada subbidang sumberdaya manusia;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan pertanggungjawaban meliputi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan    Penyelenggaraan Pemerintahan   Daerah    (LPPD), Laporan  Kinerja   (LKjIP)   dan   Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)dan dokumen pertanggungjawaban lainnya pada subbidang sumberdaya manusia;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis operasional dilingkungan subbidang sumberdaya manusia;
  • Menyiapkan dan menyampaikan rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP) dibidang sumberdaya manusia;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data,  informasipermasalahan,  peraturan perundang-undangan dan kebijaksanaan teknis  yang  berkaitan dengan penyelenggaraan sumberdaya manusia;
  • Merancang     Penyusun     Rancangan     RPJPD,    RPJMD,      RKPD    Urusan Kepegawaian, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,     Tenaga      Kerja, Administrasi    Kependudukan   dan Pencatatan  Sipil;
  • Menganalisis   Rancangan   Renstra  Perangkat  Daerah   Urusan    Kepegawaian Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Tenaga Kerja, Administrasi Kependudukan   dan  Pencatatan  Sipil;
  • Merencanakan pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi RTRWDaerah dan RPJMD Urusan  Kepegawaian, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Tenaga Kerja, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Membuat konsep pembinaan teknis perencanaan kepada  Perangkat Daerah Urusan  Kepegawaian, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Tenaga Kerja, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Merencanakan Sinergitas dan   Harmonisasi  Kegiatan Perangkat  Daerah Urusan  Kepegawaian, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Tenaga  Kerja, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Merencanakan  Dukungan  pelaksanaan  Kegiatan Pusat,   provinsi   untuk Urusan  Kepegawaian, Pemberdayaan Masyarakat dan DesaTenaga  Kerja, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Merencanakan   pengendalian/monitoring,    evaluasi  dan   pelaporan  atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah urusan Kepegawaian, Pemberdayaan Masyarakat   dan    Desa,    Tenaga    Kerja,  Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Melaksanakan Pengelolaan data  dan informasi perencanaan pembangunan daerah  Urusan  Kepegawaian, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Tenaga Kerja, Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan dengan cara   mengukur   antara target dengan realisasi  capaian   berdasarkan perencanaan  dan  perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan untuk bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan  saran   pertimbangan  kepadatasan   sesuai dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai  prestasi kerja para  bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun sasaran    kerja   pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan  oleh atasan   sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


P. KEPALA SUBBIDANG EKONOMI

  • Merencanakan  dan   menyusun    program   dan   rencana  kerja    pertahun anggaran subbidang ekonomi  berdasarkan prioritas  target  sasaran   yang akan  dicapai  sebagai  pedoman pelaksanaan   kegiatan;
  • Menyiapkan   bahan    penyusunan    perencanaan    meliputi    Rencana   Strategis (Renstra)Indikator  Kinerja Utama (IKU),  Rencana  Kinerja Tahunan  (RKT), Rencana   Kerja  (Renja), Rencana  Kegiatan   dan  Anggaran  (RKA), Perjanjian Kinerja (PK),Pengukuran Kinerja, dan dokumen perencanaan lainnya pada sub bidang ekonomi ;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan pertanggungjawaban meliputi Laporan Keterangan   Pertanggungjawaban  (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah    (LPPD), Laporan  Kinerja  (LKjIP)   dan   Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)dan dokumen pertanggungjawaban lainnya pada subbidang ekonomi;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis operasional dilingkungan subbidang ekonomi;
  • Menyiapkan dan menyampaikan rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP)dibidang ekonomi;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasipermasalahanperaturan perundang-undangan dan  kebijaksanaan teknis  yang  berkaitan dengan penyelenggaraan ekonomi;
  • Merancang   Penyusun   Rancangan   RPJPD,  RPJMD,  RKPD  Urusan perdagangan, perindustrian, koperasi dan UMKM,pertanian, perkebunan, perikanan, pertenakan,  ketahanan  pangan, penanaman  modalpariwisata dan keuangan;
  • Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah Urusan perdagangan, perindustrian, koperasi dan  UMKM, pertanian,  perkebunan,  perikanan, pertenakan,  ketahanan pangan, penanaman   modal,    pariwisata    dan keuangan;
  • Merencanakan pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi RTRWDaerah dan RPJMD Urusan perdaganganperindustrian, koperasi dan UMKM, pertanian, perkebunan, perikananpertenakan, ketahanan pangan, penanaman modal, pariwisata dan keuangan;
  • Membuat konsep pembinaan tekniperencanaan  kepada Perangkat Daerah Urusan perdagangan,  perindustrian, koperasi dan   UMKM,   pertanian, perkebunan, perikanan, pertenakan, ketahanan panganpenanaman modal, pariwisata dan keuangan;
  • Merencanakan   Sinergitas  dan   Harmonisasi  Kegiatan Perangkat Daerah Urusan perdagangan,   perindustrian, koperasi dan   UMKM,    pertanian, perkebunan, perikanan, pertenakan, ketahanan pangan, penanaman modal, pariwisata dan keuangan;
  • Merencanakan  dukungan  pelaksanaan  Kegiatan Pusat,  provinsi     untuk Urusan perdagangan,   perindustrian, koperasi  dan   UMKM, pertanian, perkebunan, perikanan, pertenakan, ketahanan pangan, penanaman modal, pariwisata dan keuangan;
  • Merencanakan   pengendalian/monitoring, evaluasi  dan   pelaporan  atas pelaksanaan perencanaan   pembangunan daerah    urusan    perdagangan, perindustrian,     koperasi   dan   UMKM, pertanian,   perkebunan,     perikanan, pertenakan,     ketahanan     pangan,     penanarnan     modal,   pariwisata    dan keuangan;
  • Melaksanakan    Pengelolaan  data  dan  informasi  perencanaan   pembangunan daerah Urusan perdaganganperindustrian, koperasi dan UMKM, pertanian, perkebunan,      perikanan,      pertenakan,      ketahanan      pangan, penanarnan modal,  pariwisata dan keuangan;
  • Mengevaluasi   dan  melaporkan  pelaksanaan   program  dan  kegiatan  dengan cara mengukur antara target dengan realisasi    capaian    berdasarkan perencanaan    dan   perjanjian   kinerja   yang   telah   ditetapkan   untuk    bahan kebijakan  selanjutnya;
  • Memberikan    saran    pertimbangan    kepada    atasan     sesuai    dengan    bidang tugasnya sebagai  bahan   pengarnbilan  kebijakan;
  • Menilai   prestasi  kerja  para  bawahan  berdasarkan   hasil  kerja  yang  dicapai sebagai  bahan   dalam pembinaan dan peningkatan  karier; Menyusun sasaran    kerja   pegawai dan   melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan  oleh atasan   sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


Q. KEPALA SUBBIDANG INFRASTRUKTUR

  • Merencanakan  dan  menyusun  program dan  rencankerja  pertahun anggaran  subbidang  infrasruktur berdasarkan prioritas target  sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan  perencanaan  meliputi Rencana Strategis (Renstra), Indikator Kinerja Utarna (IKU), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja (Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA),  Perjanjian Kinerja (PK),Pengukuran Kinerjadan dokumen perencanaan lainnya pada subbidang infrasruktur;
  • Menyiapkan  bahan   penyusunan  pertanggungjawaban  meliputi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan   Daerah (LPPD),   Laporan  Kinerja (LKjIP) dan   Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)dan dokumen pertanggungjawaban lainnya pada subbidang infrasruktur;
  • Menyiapkan  bahan    penyusunan   petunjuk  pelaksanaan   dan   petunjuk teknis operasional dilingkungan subbidang infrasruktur;
  • Menyiapkan dan menyampaikan rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP)dibidang infrasruktur;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahan, peraturan perundang-undangan dan  kebijaksanaan teknis  yang  berkaitan   dengan penyelenggaraan infrasruktur;
  • Merancang Penyusun Rancangan RPJPD, RPJMD, RKPD Urusan  jalan, jembatan, air  minum,  pengairan, perhubungan, sanitasi   lingkungan, energi;
  • Menganalisis   Rancangan   Renstra   Perangkat   Daerah    Urusan    jalan, jembatan, air  minum,  pengairan, perhubungan,  sanitasi    lingkungan, energi;
  • Merencanakan pelaksanaan Sinergitas dan HarmonisasRTRW Daerah dan RPJMD Urusan  jalan, jembatan, air minum, pengairan,  perhubungan, sanitasi lingkungan, energi;
  • Membuat  konsep    pembinaan   teknis    perencanaan   kepada    Perangkat Daerah   Urusan   jalan, jembatan,  air minum,  pengairan,  perhubungan, sanitasi lingkunganenergi;
  • Merencanakan  Sinergitas dan  Harmonisasi Kegiatan  Perangkat Daerah Urusan  jalan,  jembatan,  air  minum, pengairan,  perhubungan,  sanitasi lingkunganenergi;
  • Merencanakan  Dukungan pelaksanaan  Kegiatan Pusat,  provinsi   untuk Urusan jalan, jembatan, air minum, pengairan, perhubungansanitasi lingkungan, energi;
  • Merencanakan   pengendalian/monitoring,   evaluasi  dan   pelaporan  atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah  urusan  jalan, jembatan, air minumpengairan, perhubungan, sanitaslingkungan, energi;
  • Melaksanakan Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Urusan   jalan,   jembatan, air minum,  pengairan, perhubungan, sanitasi lingkungan, energi;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan dengan cara mengukur  antara target dengan realisasi  capaian  berdasarkan perencanaan    dan perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan untuk bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan saran   pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai prestasi kerja para bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun   sasaran    kerja  pegawai dan   melaporkan   hasil   pelaksanaan pekerjaandan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan  oleh atasan   sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


R. KEPALA SUBBIDANG PENGEMBANGAN WILAYAH

  • Merencanakan  dan  menyusun  program dan  rencana  kerja  per  tahun anggaran subbidang pengernbangan wilayah berdasarkan prioritas target sasaran  yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan  bahan  penyusunan  perencanaan meliputi  Rencana  Strategis (Renstra)Indikator Kinerja Utama  (IKU), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerj(Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran  (RKA),  Perjanjian Kinerja (PK)Pengukuran Kinerjadan dokumen perencanaan lainnya pada subbidang pengembangan wilayah;
  • Menyiapkan  bahan   penyusunan  pertanggungjawaban  meliputi   Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan   Penyelenggaraan Pemerintahan   Daerah    (LPPD),   Laporan   Kinerja   (LKjIP)   dan   Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD)dan dokumen pertanggungjawaban lainnya pada subbidang pengembangan wilayah;
  • Menyiapkan    bahan   penyusunan    petunjuk    pelaksanaan    dan    petunjuk teknis  operasional  dilingkungan subbidang  pengembangan  wilayah;
  • Menyiapkan  dan  menyampaikan   rancangan   Standar  Operasional  Prosedur (SOP) dibidang pengembangan wilayah;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahanperaturan perundang-undangan dan  kebijaksanaan teknis  yang  berkaitan dengan penyelenggaraan pengembangan wilayah;
  • Merancang   Penyusun   Rancangan   RPJPD,  RPJMD,    RKPD Urusan lingkungan hidup,   perumahan,  kawasan permukiman,  pertanahan  dan penataan ruang;
  • Menganalisis Rancangan Renstra Perangkat Daerah  Urusan   lingkungan hidup perumahan,  kawasan permukiman, pertanahan   dan   penataan ruang;
  • Merencanakan pelaksanaan Sinergitas dan Harmonisasi RTRWDaerah dan RPJMD Urusan   lingkungan hidup, perumahan,  kawasan permukiman, pertanahan dan penataan ruang;
  • Membuat  konsep    pembinaan   teknis    perencanaan   kepada    Perangkat Daerah Urusan lingkungan hidup, perumahan, kawasan permukiman, pertanahan dan penataan ruang;
  • Merencanakan  Sinergitas dan  Harmonisasi Kegiatan Perangkat Daerah Urusan  lingkungan hidup, perumahankawasan permukiman, pertanahan dan penataan ruang;
  • Merencanakan  Dukungan pelaksanaan  Kegiatan Pusat,  provinsi   untuk Urusan  lingkungan hidup,  perumahan, kawasan permukimanpertanahan dan penataan ruang;
  • Merencanakan   pengendalian/monitoring,   evaluasi  dan   pelaporan  atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah  urusan  lingkungan hidup, perumahan, kawasan permukiman, pertanahan dan penataan ruang;
  • Melaksanakan  Pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah Urusan   lingkungan  hidup, perumahan,  kawasan  permukiman, pertanahan dan penataan ruang;
  • Pengkajian,   analisis,   dan    perumusan    kebijakan    kewilayahan   dan konektivitas daerah;
  • Pengkajian, pengoordinasian dan perumusan RTRW daerah;
  • Melaksanakan pengelolaan data dan informasi perencanaan pembangunan daerah urusan lingkungan  hidup, perumahan,  kawasan  permukiman, pertanahan dan penataan  ruang;
  • Merencanakan dan menyusun evaluasi dan pelaporan atas pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah urusan lingkungan hidup,  perumahan, kawasan permukiman, pertanahan dan penataan ruang;
  • Melaksanakan fasilitasi kegiatan BKPRD Kabupaten
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan dengan cara mengukur  antara    target   dengan realisasi  capaian  berdasarkan perencanaan dan  perjanjian kinerja yang  telah  ditetapkan untuk   bahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan saran   pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai prestasi kerja para bawahan berdasarkan  hasil kerja yang dicapai sebagai  bahan   dalam  pembinaan dan peningkatan   karier;
  • Menyusun    sasaran     kerja   pegawai  dan   melaporkan   hasil  pelaksanaan pekerjaan;    dan
  • Melaksanakan tugas   lain  yang  diperintahkan    oleh  atasan    sesuai   dengan tugas  dan fungsiny untuk   kelancaran tugas  kedinasan.


S. KEPALA SUBBIDANG SOSIAL, EKONOMI, DAN PEMERINTAHAN

  • Merencanakan     dan   menyusun    program   dan   rencana   kerja   per   tahun anggaran subbidang sosial,ekonomi, dan   pemerintahan     berdasarkan prioritas    target   sasaran    yang  akan   dicapai   sebagai   pedoman pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan   bahan   penyusunan perencanaan meliputi  Rencana  Strategis (Renstra), Indikator  Kinerja  Utam(IKU), Rencana  Kinerja  Tahunan  (RKT), Rencana  Kerja  (Renja), Rencana Kegiatan   dan  Anggaran  (RKA), Perjanjian Kinerja  (PK), Pengukuran  Kinerja, dan  dokumen perencanaan   lainnya pada subbidang  sosial,  ekonomi, dan pemerintahan;
  • Menyiapkan bahan    penyusunan    pertanggungjawaban meliputi  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan   Penyelenggaraan Pemerintahan     Daerah     (LPPD), Laporan   Kinerja    (LKjIP) dan    Laporan Keuangan Pemerintah   Daerah   (LKPD) dan  dokumen  pertanggungjawaban lainnya pada  subbidang  sosial,  ekonomi, dan pemerintahan;
  • Menyiapkan bahan penyusunan petunjuk    pelaksanaan     dan    petunjuk teknis operasional     dilingkungan subbidang sosialekonomidan pemerintahan;
  • Menyiapkan  dan  menyampaikan   rancangan   Standar  Operasional   Prosedur (SOP) dibidang sosial,  ekonomi,  dan pemerintahan;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahanperaturan perundang-undangan dan   kebijaksanaan teknis   yang   berkaitan   dengan penyelenggaraan     sosial,  ekonomi, dan pemerintahan;
  • Menyiapkan    bahan     dan    menyusun     rencana    kegiatan    penyusunanan program dan  rencana  kegiatan bidang  penelitian  dan  pengembanganSosial, Ekonomi dan  Pemerintahan;
  • Menyiapkan  bahan   dan  menyusun   petunjuk  teknis   penyusunan   program dan  rencana  kegiatan ;
  • Mengumpulkan, mengolah,   menganalisis  dan  menyajikan  data   bidang penelitian dan pengembangan;
  • Melaksanakan  kerja  sama  penyusunan  program dan  rencana  kegiatan terin tegritasi;
  • Menyiapkan   bahan   dan   melaksanakan   kerjasama penyusunan bahan musyawarah perencanaan pembangunan/ rapat  koordinasi pembangunan dan dokumen perencanaan lainnya;
  • Menyiapkan   bahan    dan    melaksanakan   pembuatan   Rencana  Kerja Pembangunan Daerah dalam lingkup OPD koordinasi bidang;
  • Mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan dengan cara mengukur  antara    target dengan realisasi  capaian  berdasarkan perencanaan    dan  perjanjian kinerja  yang  telah  ditetapkan untubahan kebijakan selanjutnya;
  • Memberikan saran   pertimbangan  kepada   atasan   sesuai   dengan   bidang tugasnya sebagai bahan  pengambilan kebijakan;
  • Menilai prestasi kerjpara bawahan berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan  dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  • Menyusun  sasaran    kerja  pegawai dan  melaporkan  hasil   pelaksanaan pekerjaan; dan
  • Melaksanakan  tugas  lain yang  diperintahkan  oleh atasan sesuai  dengan tugas dan fungsinya untuk  kelancaran tugas kedinasan.


T. KEPALA SUBBIDANG PEMBANGUNAN, INOVASI, DAN TEKNOLOGI

  • Merencanakan  dan  menyusun  program dan  rencana  kerja  per  tahun anggaran subbidang  pembangunaninovasi dan  teknologi berdasarkan prioritas target  sasaran  yang akan  dicapai  sebagai  pedoman  pelaksanaan kegiatan;
  • Menyiapkan bahan  penyusunan  perencanaan meliputi Rencana  Strategis (Renstra), Indikator Kinerja Utama (IKU), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja (Renja), Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA)Perjanjian Kinerja (PK)Pengukuran Kinerja, dan dokumen perencanaan lainnya pada subbidang pembangunan, inovasi dan teknologi;
  • Menyiapkan  bahan   penyusunan  pertanggungjawaban meliputi  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan   Daerah    (LPPD),   Laporan  Kinerja   (LKjIP) dan   Laporan Keuangan Pemerintah Daerah  (LKPD) dan dokumen pertanggungjawaban lainnya pada subbidang pembangunan, inovasi dan teknologi;
  • Menyiapkan  bahan   penyusunan   petunjuk  pelaksanaan   dan   petunjuk teknis operasional dilingkungan subbidang pembangunan, inovasi dan teknologi;
  • Menyiapkan dan menyampaikan rancangan Standar Operasional Prosedur (SOP)dibidang pembangunan, inovasi dan teknologi;
  • Menyelenggarakan pengumpulan data, informasi, permasalahanperaturan perundang-undangan dan  kebijaksanaan teknis  yang  berkaitan  dengan penyelenggaraan   pembangunan,   inovasi  dan teknologi;
  • Menyusun  program membina, mengoordinasikan,   mengendalikan  dan mengevaluasi penyimpanan bahan perumusan     kebijakan    di   bidang penelitian dan pengembangan Sumber    Daya Alam, Teknologi dan  Inovasi;
  • Menyusun    program   membina,   mengoordinasikan,     mengendalikan    dan mengevaluasi kegiatan  inventarisasi dan  identifikasi  potensi   sektorSumber Daya Alam, Teknologi dan Inovasi;
  • Menyusun    program   membina,   mengoordinasikan,     mengendalikan    dan mengevaluasi  kegiatan penelitian dan pengembangan   sektor  Sumber  Daya AlamTeknologi dan  Inovasi;
  • Menyusun    program   membina,   mengoordinasikan,     mengendalikan      dan mengevaluasi kegiatan  inventarisasi, identifikasi   dan   analisis   kebijakan serta        pemecahan   masalah-masalah     sektor   Sumber  Daya  Alam, Teknologi dan Inovasi;
  • Menyusun    program   membina,   mengoordinasikan,     mengendalikan    dan mengevaluasi   pengembangan   hasil penelitian  dan  pengembangan   sebagai bahan    perumusan    kebijakan   pemerintah   daerah    dalam sektor Sumber Daya Alam, Teknologi dan Inovasi;
  • Mengoordinasikan,   mengendalikan   dan  mengevaluasi   kegiatan  sosialisasi hasil-hasil penelitian   dan pengembangan sektor    Sumber   Daya   Alam, Teknologi dan Inovasi;
  • Mengoordinasikan,   mengendalikan  dan mengevaluaspemberian ijin dan rekomendasi penelitian   dan pengembangan    sektor   Sumber   Daya   Alam, Teknologi dan Inovasi;
  • Mengoordinasikan     dan   mengevaluasi    penyiapan   bahan     dan   penyusun laporan kinerja   penelitian  dan pengembangan   sektor   Sumber  Daya  Alam, Teknologi dan  Inovasi
  • Menyiapkan   bahan    dan   melaksanakan    pembangunan    sistem   geospasial pada  simpul  jaringan  kabupaten;
  • Mengevaluasi  dan  melaporkan  pelaksanaan   program dan  kegiatan  dengan cara    mengukur    antara     target dengan   realisasi   capaian    berdasarkan perencanaan    dan  perjanjian   kinerja   yang telah   ditetapkan   untuk bahan kebijakan  selanjutnya;
  • Memberikan   saran    pertimbangan    kepada    atasan    sesuai    dengan    bidang tugasnya sebagai  bahan pengambilan kebijakan;
  • Menilai   prestasi  kerja  para  bawahan  berdasarkan   hasil  kerja yang  dicapai sebagai  bahan   dalam pembinaan  dan peningkatan  karier;
  • Menyusun    sasaran     kerja   pegawai  dan   melaporkan    hasil    pelaksanaan pekerjaan;  dan
  • Melaksanakan    tugas   lain  yang  diperintahkan    oleh  atasan    sesuai   dengan tugas  dan fungsinya untuk   kelancaran  tugas  kedinasan.

Alamat

Jl. Penghulu Rasyid No.4, Tanjung, Kec. Tj., Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan 71513

kontak

Telepon
(0526) 2021666

Jumlah Pengunjung

Hari Ini

6

Bulan Ini

92

Total

127.81K

Bapperida Kabupaten Tabalong